img
Apel Gabungan Perdana, Bupati Ingatkan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana.
  Senin, 07-01-2019       86

apel-gabungan-perdana-bupati-ingatkan-kesiapsiagaan-tanggap-bencana

Pemerintah Kabupaten Barito Utara menggelar Apel Gabungan perdana di Tahun 2019 yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Barito Utara, Muara Teweh, Senin (7/1).

Apel yang rutin diadakan pada senin pertama tiap bulannya ini diikuti oleh semua golongan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) / Pegawai Sipil Negara (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara yang bertujuan untuk meningkatkan etos kerja dan tanggung jawab sebagai abdi negara serta meningkatkan komunikasi dan silaturahmi antara ASN/PNS.

Pada kesempatan ini Bupati Barito Utara memberikan apresiasi terhadap jajaran SOPD dalam merespon serta membantu upaya percepatan pembangunan, menghadapi segala permasalahan dan tantangan termasuk penangulangan bencana dalam tahun 2018. "Apa yang telah dilakukan oleh saudara-saudara telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," Ucap Nadalsyah saat membacakan sambutannya. Menilik kepada bencana yang menimpa Provinsi NTB, Sulawesi Tenggara, serta Banten dan Lampung yang memakan banyak korban maka dari itu dirinya berpesan perlunya kesiapan instansi terkait dalam upaya mitigasi dan kesiagaan dalam menghadapi darurat bencana meskipun yang mungkin dialami oleh Kabupaten Barito Utara dalam situasi cuaca ekstrem seperti sekarang ini adalah banjir dan tanah longsor, dirinya menegaskan perlunya peningkatan kesadaran masyarakat melalui himbauan dan sosialisasi dalam penjagaan kelestarian lingkungan dan kesiapsiagaan masyarakat.

Lebih lanjut, Nadalsyah juga mengharapkan penanggulangan bencana tidak lagi dititik beratkan pada penanganan kedaruratan bencana namun lebih pada meminimalisir resiko bencana dan pasca bencana. Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat dapat tanggap dalam ancaman bencana.

 

 

"Saya mengajak pihak institusi pemerintah, maupun swasta yang di tingkat kabupaten hingga desa, seluruh jajaran keamanan, kesehatan, Rapi, Orari dan Relawan Muda Peduli Bencana untuk dapat bekerjasama secara maksimal sesuai kapasitasnya masing-masing dalam menghadapi cuaca ekstrem sebagai upaya perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan dampak bencana yang mungkin akan terjadi," Himbau Nadalsyah.

Kegiatan Apel yang dihadiri juga oleh Wakil Bupati Barito Utara dan Sekretariat Daerah ini ditutup dengan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA-SOPD) tahun anggaran 2019 secara simbolis kepada beberapa Kepala SOPD Lingkup Barito Utara. (Rfs/Diskominfosandi)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda