img
Barito Utara Siap Mempertahankan Gelar Juara Untuk Kedua Kalinya
  Senin, 17-06-2019       373

barito-utara-siap-mempertahankan-gelar-juara-untuk-kedua-kalinya

Palangka Raya, 17 Juni 2019 - Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang diikuti kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali digelar. FBIM merupakan ajang promosi promosi wisata, seni, budaya serta kuliner yang dimulai sejak tahun 1993, tetap konsisten digelar setiap tahunnya. Pada tahun 2018, FBIM dilaksanakan di Kabupaten Kapuas, untuk tahun ini ditunjuk Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah. FBIM akan berlangsung pada tanggal 17 Juni hingga 22 Juni 2019 dengan mengambil tema "Eksistensi Kearifan Lokal Menuju Kalteng Berkah"

Tujuan dari festival ini, untuk melestarikan sekaligus mengembangkan budaya masyarakat sekaligus menjadi sarana untuk mempromosikan potensi pariwisata Kalteng yang bertumpu sebagai daya tarik budaya, alam, dan wisata buatan serta mendorong meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara. FBIM akan menampilkan 26 kegiatan utama berbagai seni pertunjukkan dan permainan tradisional yang diangkat dari kearifan lokal masyarakat Kalteng. Ada enam tempat yang ditunjukkan untuk pelaksanaannya yakni UPT. Taman Budaya, UPT. Museum Balanga, Bundaran Besar Palangka Raya, Taman Kuliner Tunggal Sangomang, Jembatan Kahayan dan Swiss Bellhotel Danum.

Acara pembukaan FBIM 2019 diawali dengan penyerahan Piala Bergilir oleh Bupati Barito Utara kepada Gubernur Kalimantan Tengah dan dilanjutkan besok hari kegiatan Karnaval Budaya yang diikuti para peserta dari utusan kabupaten/kota se-Kalteng, SOPD provinsi, sanggar/panguyuban, ormas, swasta, perguruan tinggi, pemuda, dan pelajar.

Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabaran menyampaikan bahwa Festival Budaya Isen Mulang merupakan bagian rangkaian memperingati hari jadi Provinsi Kalteng ke-62 tepat pada 19 Mei 2019, sehingga acara festival tahun ini akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kualitas perayaan semakin lebih bagus dan profesional juga kuantitas pengunjung diharapkan ada kenaikan.

Di tempat yang sama, Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah mengharapkan Kabupaten Barito Utara kembali dapat mempertahankan juara umum dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019. Mengingat tahun lalu, dalam gelaran FBIM yang dilangsungkan dari tanggal 2-6 Mei 2018 di Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Barito utara menjadi juara umum. “Saya mengharapkan agar kita dapat mengukir prestasi gemilang dengan membawa kembali piala bergilir untuk kedua kalinya,” do’a Bupati Barito Utara.

Selain hal itu, H. Nadalsyah meminta kepada seluruh peserta agar menjunjung tinggi sportivitas dan menjadikan FBIM sebagai ajang menjalin silaturahmi dan memperbanyak ilmu. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Barito Utara atas dukungan dan partisipasinya dan memohon do’a agar Kabupaten Barito Utara kembali mengukir prestasi yang gemilang," ucap H. Nadalsyah.(Diskominfosandi2019)

 

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda



https://karanganbungacilacap.com/https://17slotgacor.com/https://masakannusantara2024.blogspot.com/https://chord2024.com/