img
Bupati Barito Utara Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah
  Rabu, 28-08-2019       24

bupati-barito-utara-hadiri-pelantikan-anggota-dprd-provinsi-kalimantan-tengah

Gelaran Pemilu Serentak Tahun 2019 telah usai, dimana Pemilu Serentak yang digelar di seluruh Indonesia pada tanggal 17 April 2019 antara lain untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI, Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota. Demikian juga halnya untuk Provinsi Kalimantan Tengah, hari ini sebanyak 45 anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah hasil pemilu 2019 resmi dilantik yang akan bertugas untuk periode 2019 - 2024. Proses pelantikan dilaksanakan pada Ruang Rapat Paripurna Lantai III Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Tengah. 

Proses pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah atau janji yang dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Mohammad Hatta dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah beserta Ibu, Bupati Barito Utara beserta Ibu, Ketua DPRD Sementara Kabupaten Barito Utara beserta anggota, unsur FKPD Provinsi Kalimantan Tengah, pejabat Provinsi Kalimantan Tengah, Anggota DPRD Kalimantan Tengah dan Anggota DPRD Kalimantan Tengah terpilih, dan tamu undangan lainnya.

Rapat paripurna dibuka oleh Reinhard Atu Narang yang masa jabatannya sebagai Ketua DPRD Kalteng periode 2014-2019 berakhir di hari ini, kemudian dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kalteng masa jabatan 2014-2019 dan tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kalteng masa jabatan tahun 2019-2024. Selanjutnya, dilakukan pengucapan sumpah, janji jabatan anggota dewan yang baru. Setelah selesai, dilakukan penandatangan berita acara pengucapan sumpah dan janji secara simbolis oleh perwakilan dari masing-masing agama, Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya dan rohaniawan. Dilanjutkan dengan penyematan lencana DPRD Kalteng. 

Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada Anggota DPRD yang terpilih untuk dapat menjalankan kewajibannya dan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegakkan kehidupan serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang atau golongan. Sementara itu, Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah juga mengharapkan hal yang sama. Terlebih, Anggota DPRD yang terpilih salah satunya adalah putra terbaik Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, yakni H. Jimmy Carter yang merupakan adik kandung orang nomor satu di Barito Utara. 

Saat di wawancarai oleh para awak media, Bupati Barito Utara, Nadalsyah menanggapi rencana Pemerintah Provinsi Kalteng yang akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur. H. Nadalsyah menuturkan kawasan Barito Utara merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur, yakni Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur. Nadalsyah menuturkan dalam pembangunan yang akan direncanakan, dirinya mempunyai pandangan kawasan tersebut cocok untuk wilayah ketahanan pangan. Bupati Barito Utara berpendapat bahwa memiliki kedekatan dengan IKN, dapat meningkatkan kesejahteraan warga di Kalteng khususnya Barito Utara. H. Nadalsyah memiliki rancangan pembangunan salah satunya yakni peningkatan infrastruktur jalan di Desa Benangin. “Kalau memiliki jalan alternatif menuju Kaltim melalui Desa Benangin, kita dapat memangkas jalan sepanjang 100 km dibandingkan kita memutar melalui Kabupaten Barito Selatan menuju ke Kabupaten Tanjung Kalimantan Selatan. Tentunya ini akan menghemat tenaga dan BBM warga yang menuju IKN,” kata H. Nadalsyah. 

Bupati berkeyakinan bahwa Barito Utara mampu menjadi wilayah Kalteng yang menyangga IKN. Pasalnya, Barito Utara memiliki sumber daya alam yang memadai dan sumber tenaga dari gas alam di Desa Bangkanai untuk pemenuhan listrik. “Untuk wilayah ketahanan pangan, kami kuat. Padi dan jagung kami sudah memiliki peran dalam menjaga ketahanan pangan di Kalteng. Intinya kami siap untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk pembangunan Kalteng menyangga IKN,” pungkas H. Nadalsyah. (Diskominfosandi2019)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda