img
Bupati Barito Utara Hadiri Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Prov. Kalteng
  Jumat, 25-10-2019       413

bupati-barito-utara-hadiri-pengukuhan-kepala-perwakilan-bi-prov-kalteng

Palangka Raya, 25 Oktober 2019 - Sebagai implementasi transformasi organisasi dan sumber daya manusia di Bank Indonesia (BI) untuk memperkuat efektivitas organisasi dan pelaksanaan tugas BI, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Tengah resmi diganti. Rihando yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dikukuhkan oleh Deputi Gubernur Senior BI menggantikan Wuryanto yang telah menjabat selama +/- 1,5 tahun. Acara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kahayan Ballroom Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya dihadiri oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah.

Selain Bupati Barito Utara, juga hadir Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Unsur FKPD Provinsi, Bupati/Walikota se-Kalimantan Tengah, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi dan Kota, Pejabat Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala OJK Kalimantan Tengah, para pimpinan perbankan di Provinsi Kalimantan Tengah, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur, Sugianto Sabran menyampaikan sekilas profil Kalimantan Tengah dan pertumbuhan perekonomiannya. Dijelaskan sektor pertambangan menjadi sektor penopang perekonomian di wilayah Kalimantan Tengah, selain itu potensi pada sektor perkebunan dan pertanian sangat menjanjikan sebagai penopang perekonomian Kalimantan Tengah dan diharapkan dapat menggantikan sebagai potensi penopang perekonomian. Sugianto mengharapkan agar CSR dari para bank-bank yang beroperasi di Kalimantan Tengah dapat diberikan kepada Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti menyampaikan bahwa sebenarnya pengukuhan dilaksanakan sebulan yang lalu, sehubungan adanya sesuatu dan lain hal maka baru pada hari ini dikukuhkan. Visi BI yakni menjadi bank sentral yang berkontribusi nyata memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Indonesia. Diharapkan kepada Kepala Perwakilan yang baru dapat memberikan peran nyata dalam stabilitas di Kalteng dan mengembangkan sistem pembayaran yang aman dan nyaman bagi pelaku bisnis. "Kalteng merupakan provinsi yang menjanjikan tetapi belum di garap," jelas Destry.

Dengan 2 produk unggulan (Batu bara dan CPO) mampu meningkatkan pertumbuhan Kalteng, dimana diharapkan sektor lain dapat dikembangkan sehingga dapat lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi. BI saat ini melakukan instrumen-instrumen yang mengcover resiko-resiko nilai tukar dolar. Untuk 2020, ruang untuk pertumbuhan ekonomi sudah ada. "BI mengeluarkan kebijakan yakni dengan menurunkan suku bunga menjadi 5%, sehingga diharapkan ekonomi kita akan semakin baik," kata Destry.

Deputi Gubernur Senior BI memberikan pesan kepada Kaper BI yang baru agar peran dan partisipasi BI dalam mendorong peran perekonomian bisa ditingkatkan, koordinasi yang baik dalam pengendalian inflasi agar terus ditingkatkan, komitmen yang tinggi dalam membina UMKM dengan mengalokasikan pada clusther yang menciptakan stabilitas perekonomian, mendorong peningkatan SDM dan program sosial. Selain itu, Kerjasama dengan pemerintah dan instansi terkait dalam elektronikal sistem agar terus ditingkatkan. "Terakhir agar dapat memenuhi kecukupan uang rupiah, baik pecahan maupun jumlahnya bagi Provinsi Kalimantan Tengah," tutup Destry.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah berharap dengan dilantiknya Kepala Perwakilan Bank Indonesia yang baru dapat lebih memajukan sinergitas dan kemitraan dengan semua stakeholder di
Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah khususnya untuk Kabupaten Barito Utara. Terlebih saat ini, BI memfokuskan untuk menambah kemitraan dengan para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diseluruh Indonesia untuk dibina. Tentunya ini menjadi peluang bagi pelaku UMKM di Kabupaten Barito Utara untuk dapat memanfaatkan kemitraan dengan BI. "Mudah-mudahan kedepannya, di Barito Utara ada UMKM yang dibina oleh BI. Sehingga akan mampu meningkatkan daya saing dan perekonomian masyarakat," harap H. Nadalsyah.(Diskominfosandi2019)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda



https://karanganbungacilacap.com/