img
Bupati Canangkan Desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan (Desa ODF)
  Kamis, 22-11-2018       106

bupati-canangkan-desa-bebas-buang-air-besar-sembarangan-desa-odf

Bupati Barito Utara H. Nadalsyah melaksanakan pencanangan Desa Bebas Buang Air Besar Sembangan (Desa ODF) untuk Desa Malungai dan Desa Rarawa Kecamatan Gunung Timang yang dilaksanakan di Desa Malungai.

Bupati Barito Utara H. Nadalsyah memberikan apresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. Dihadapan undangan dan ratusan masyarakat yang hadir, H. Nadalsyah mengatakan kesehatan merupakan salah satu sektor yang selalu menjadi sorotan, terlebih lagi jika hal tersebut menjadi persoalan di tengah-tengah masyarakat. kesehatan masih diartikan sebatas penyembuhan penyakit, padahal diakui bersama bahwa masalah kesehatan merupakan masalah yang komplek.

Pembangunan dibidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintahan sektor kesehatan, akan tetapi harus dilakukan bersama-sama dengan melibatkan lintas sektor dan yang lebih utama adalah peran serta masyarakatnya.

H. Nadalsyah berharap melalui kegiatan ini menimbulkan kesadaran kepada masyarakat luas bahwa desanya sudah stop buang air besar sembarangan (BABS) dan membiasakan melakukan cuci tangan pakai sabun setelah dari WC, setelah membersihkan anak dari BAB, sebelum menghidangkan makanan, setelah makan dan memegang hewan atau benda lainnya. Melalui stop BABS dan kebiasaan cuci tangan pakai sabun akan dapat memutuskan mata rantai penularan penyakit dengan menerapkan pilar sanitasi total berbasis masyarakat dapat mewujudkan Kabupaten Barito Utara menjadi Kabupaten yang sehat.

Camat Gunung Timang Syahmiluddin mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Barito Utara yang telah mendukung kegiatan di kecamatan Gunung Timang dan amanah yang di titipkan kepada masyarakat akan kami laksanakan dengan sebaik baiknya.

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ir. H. Jainal Abidin, M.AP, Wakil Ketua II DRPD Acep Tion, SH, Unsur FKPD,Anggota DPRD, Kepala Perangkat Daerah, Camat se- Barito Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan ratusan masyarakat setempat. (Ptb/diskominfosandi2018)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda