img
Bupati Dampingi Posyandu Terintegrasi Lentara Buana Desa Batu Raya I Saat Dinilai Tim
  Senin, 26-08-2019       85

bupati-dampingi-posyandu-terintegrasi-lentara-buana-desa-batu-raya-i-saat-dinilai-tim

Seperti yang diberitakan pada Rabu (23/7), bahwa TP PKK Kabupaten Barito Utara memberikan bimbingan dan pembinaan kepada Posyandu Terintegrasi Lentera Buana Desa Batu Raya I, Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara untuk mengikuti Perlombaan Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Hari ini, Tim Penilai dari Provinsi Kalimantan Tengah yang diketuai dr. Muhammad Fitryanto Leksono, Ketua Pokja IV TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah beserta rombongan melakukan penilaian.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara secara langsung menyambut kedatangan tim penilai. Turut hadir dalam pemyambutan unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Unsur Tripika Kecamatan Gunung Timang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua TP PKK Desa Baturaya I, dan undangan lainnya serta masyarakat Desa Baturaya I. Dalam sambutannya, H. Nadalsyah menyampaikan bahwa program pengintegrasian antara posyandu dengan pendidikan anak usia dini dan bina keluarga balita adalah merupakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak dini, usia dini atau balita membutuhkan kualitas kesehatan dan pendidikan yang maksimal dan memadai. "Diharapkan semuanya bisa diperoleh melalui kegiatan di posyandu," jelas Bupati Barito Utara.

Adapun kegiatan pengembangan di Posyandu Terintegrasi Lentara Buana, tidak hanya pada kegiatan kesehatan ibu dan anak, gizi, keluarga berencana saja, tetapi berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ekonomi keluarga, dan penyuluhan-penyuluhan pengendalian penyakit menular, perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS, HIV/AIDS dan lain-lainnya. "Hal ini guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan dasar, yang khususnya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi,” kata bupati Nadalsyah saat membuka penilaian lomba posyandu.

Lebih lanjut, kesehatan bukanlah tanggungjawab pemerintah saja, namun merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat termasuk dunia usaha, sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas merupakan modal utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. "Untuk memantapkan upaya tersebut dan dalam rangka pengintegrasian layanan sosial dasar di posyandu yang memerlukan peran serta pemerintah daerah dan lintas sektor,” kata Bupati.

Penilaian lomba posyandu ini tentunya juga menjadi sarana yang sangat baik, untuk meminta masukan-masukan positif dan sebagai bahan evaluasi agar kedepannya posyandu semakin maju. "Tahun ini, Posyandu Terintegrasi Lentera Buana Desa Batu Raya I sebagai Juara Pertama Lomba Posyandu Terbaik Tingkat Kabupaten Barito Utara sekaligus mewakili Barito Utara dalam Lomba Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi Kalteng yang kita laksanakan pada hari ini,” tutup H. Nadalsyah.

Acara dilanjutkan dengan penilaian Posyandu oleh Pokja IV TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah beserta rombongan, penyerahan bantuan CSR PT. Sindo Lumber dan diakhiri foto bersama.(diskominfosandi2019)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda