img
Festival Seni Budaya Merupakan Ajang Promosi Wisata
  Rabu, 27-02-2019       54

festival-seni-budaya-merupakan-ajang-promosi-wisata

Untuk menjaga dan meningkatkan eksistensi, pelestarian, serta membangun kreativitas khususnya generasi muda dalam mempromosikan seni budaya sebagai potensi wisata, Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) mengadakan acara Festival Seni Budaya Tingkat Pelajar Kabupaten Barito Utara tahun 2019 di Aula Disbudparpora Jalan Temengung Surapati Muara Teweh.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra dihadiri oleh para kepala perangkat daerah, camat, para kepala sekolah, pelajar se-Kabupaten Barito Utara dan undangan lainnya.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra mengatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, dimana negara dalam memajukan kebudayaan nasional Indonesia, ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai budaya karna merupakan investasi masa depan dalam membangun keberadaban seni budaya dan kearifan lokal.

Lebih lanjut, pengembangan seni budaya di Kabupaten Barito Utara dirasa udah semakin baik. Baik dari event seni budaya seperti Festival Iya Mulik Bengkang Turan dan Festival Seni Budaya Tingkat Pelajar, berkesinambungan tidak hanya mencari bibit terbaik untuk ketingkat selanjutnya juga bermanfaat sebagai sarana mempererat tari silaturahmi antar peserta yang berasal dari 9 wilayah kecamatan di Kabupaten Barito Utara.

"Dalam kesempatan baik ini pula, saya menghimbau kepada kita semua yang hadir disini serta masyarakat Barito Utara, marilah kita tingkatkan rasa cinta terhadap akar budaya lokal dan seni budaya nusantara dengan melestarikan dan mengembangkan serta menginformasikan kepada masyarakat secara luas melalui media masa, media sosial dan lainnya," tutup Sugianto Panala Putra mengakhiri sambutan Bupati.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, H. Arbaidi, SE,M.IP mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya melestarikn dan mengembangkan seni budaya yang sudah diagendakan 2 tahun sekali, baik tingkat kabupaten maupun provinsi,
dalam rangka mendukung dan mengembangkan program pariwisata. Untuk para pemenang nantinya akan mengikuti Festival Pelajar tingkat Provinsi di Kabupaten Barito Selatan pada bulan Juni tahun 2019. Mudah-mudahan Kabupaten Barito Utara kembali mempertahankan juara umum seperti pencapaian pada tahun 2017 yang lalu di kota Palangka Raya dan juga dapat membawa Barito Utara dikancah tingkat nasional kedepannya.

Adapun perlombaan dalam festival yang diikuti pelajar SLTP dan SLTA sederajat ini adalah Tari pedalaman, Tari Pesisir, Lomba Gitar, Lomba Kecapi, Lomba Lukis Legenda, Lomba Ornamen Dayak, dan Lomba Mengayam Amak Purun.
"Bertandinglah dengan semangat dan sportivitas untuk menunjukan prestasi terbaik untuk Kabupaten Barito Utara yang sama-sama kita cintai," tutup H. Arbaidi. (Diskominfosandi2019)
 

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda