img
Gandeng BPKP, Pemkab Barut Launching Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah
  Selasa, 01-10-2019       13

gandeng-bpkp-pemkab-barut-launching-dashboard-pelaporan-keuangan-daerah

Dalam rangka memberikan informasi yang transparan, efisien dan akurat, Pemerintah Kabupaten Barito Utara menggandeng Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah melaunching Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah. Dimana, Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam penyajian informasi yang mudah karena telah berbasis elektronik dengan didukung dengan jaringan yang baik.

Lauching Dashboard Pelaporan Keuangan yang dilakukan oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah dan Kepala Perwakilan BPKP, Setia Pria Husada dilaksanakan di Ruang Rapat Setda Lantai 1, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara, Ir. H. Jainal Abidin, M.AP, Korwas JFA Bidang Akuntabiltas BPKP, Yusup Partoni, Auditor Penyelia BPKP selaku tim teknis, Putut Anom Rianto, Kepala Perangkat Daerah, dan Camat se-Kabupaten Barito Utara. Dalam acara tersebut juga dilaunching aplikasi agenda pimpinan (E-Agenda) dan aplikasi pengaduan (Lapor Batara) yang berbasis android.

Dalam sambutannya, Bupati Barito Utara H. Nadalsyah mengucapkan terima kasih kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian yang telah berkerja keras dalam terlaksanakannya acara Launching Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah dan dua aplikasi yang akan digunakan sebagai media komunikasi yaitu E-Agenda dan Lapor Batara. "Semoga Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan Kabupaten Barito Utara dalam kebijakan keuangan daerah serta pemantau, pengendalian dan keuangan daerah demi terciptanya pembangunan daerah," harap H. Nadalsyah.

Sebelumnya, dalam laporannya Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, M. Iman Topik, S.IP, M.Si, menyampaikan bahwa Dashboard pelaporan keuangan Daerah merupakan sebuah trobosan inovasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara bersama BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka mengoptimalkan sistem pelaporan keuangan berbasis teknologi. "Dalam pengembangan inovasi ini Barito Utara menjadi salah satu Kabupaten di Wilayah Kalimantan Tengah sebagai Pilot Project serta contoh untuk pengembangan Dashboard di Kabupaten lain yang berasistensi dengan BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah," jelas Iman Topik. Penerapan Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah, E-Agenda dan Lapor Batara bertujuan untuk menyajikan informasi keuangan daerah, pemantauan, pengendalian dan evaluasi anggaran daerah.

Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Setia Pria Husada menyampaikan paparan tentang monitoring kinerja pengelolaan keuangan melalui sistem dashboard. Dalam paparan tersebut dijelaskan pentingnya sistem dashboard dari perspektif pengendalian intern. "Kabupaten Barito Utara merupakan kabupaten pertama yang menerapkan sistem dashboard tersebut untuk wilayah Kalimantan Tengah dan kabupaten kedua setelah Purworejo," jelas Setia. Kepala BPKP mengharapkan perhatian Pemerintah Kabupaten Barito Utara khususnya terhadap pengembangan aplikasi-aplikasi yang mendukung kinerja pemerintah agar lebih diperhatikan.(Diskominfosandi2019)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda