img
H. Nadalsyah Serahkan Sapi Kurban Pemkab Di Mesjid Al Huda
  Minggu, 11-08-2019       3

h-nadalsyah-serahkan-sapi-kurban-pemkab-di-mesjid-al-huda

Muara Teweh, 11 Agustus 2019 - Selain Hari Idul Adha dinamakan Hari Raya Haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Di Kabupaten Barito Utara, baik pemerintah, para pengusaha, perusahaan-perusahaan maupun masyarakat umum memberikan hewan kurban untuk dibagikan kepada sesama dan berhak menerimanya. Hewan yang biasa dikurbankan yakni sapi dan kambing. Pun demikian halnya dengan Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah sebagai seorang pemimpin daerah yang juga pengusaha memberikan contoh tauladan. H. Nadalsyah dan keluarga besar pada Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 memberikan kurban +/-60 ekor sapi untuk dibagikan kepada masyarakat Barito Utara.

Hewan kurban tersebut dibagikan di mesjid dan langgar yang tersebar di 9 Kecamatan se-Kabupaten Barito Utara. "Saya atas nama keluarga besar berharap agar dalam pembagiannya nanti (daging sapi) dapat benar-benar diberikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya," ungkap H. Nadalsyah.

Untuk Pemerintah Kabupaten Barito Utara, seperti tahun-tahun sebelumnya juga memberikan hewan kurban. Untuk tahun ini menyerahkan satu ekor sapi jantan dengan berat +/- 500 kg. Penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan di Mesjid Al Huda Kelurahan Lanjas Muara Teweh. Bupati menyampaikan bahwa tiap tahun Pemerintah memberikan hewan kurban, kali ini giliran Mesjid Al Huda yang mendapatkannya. "Atas nama pribadi dan Pemerintah, saya serahkan hewan kurban ini kepada Panitia Kurban Mesjid Al Huda," kata H. Nadalsyah. Bupati juga meminta kepada pengurus mesjid/langgar untuk tidak berkecil hati karena tidak mendapat bantuan hewan kurban. "Pemerintah mengalokasikan tiap tahun 1 ekor, yang mana tahun ini diberikan kepada Mesjid Al Huda," jelas H. Nadalsyah. Adapun di Mesjid Al Huda, jumlah sapi yang disembelih untuk kurban sebanyak 8 ekor termasuk 1 ekor sapi kurban dari Pemerintah.

Dari pantauan Humas Barut, dari 16 tempat penyembelihan hewan kurban baik mesjid dan langgar diseputaran Kota Muara Teweh juga dipantau oleh Dinas Peternakan. Dimana mereka melakukan pengecekan terhadap daging sapi/kambing yang hendak dibagikan, untuk memastikan bahwa daging tersebut layak konsumsi. Untuk jumlah hewan kurban yang telah didata adalah sebanyak 112 ekor sapi dan 24 ekor kambing, dengan rincian Mesjid Al Huda Lanjas 8 ekor sapi, Mesjid Al Muthainnah Dermaga 11 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Mesjid Ghairu Jami Nurul Hidayah Lanjas 9 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Mesjid Al Arafah Jalan Langsat 6 ekor sapi, Langgar Al Muhajirin 2 ekor sapi, Langgar An Nur Gang Buntu 1 ekor sapi, Langgar Babul Janah Jalan Manggis 2 ekor sapi, Mesjid Jami Muara Teweh 16 ekor sapi, Langgar Darul Khair 6 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Langgar Umar Ibnu Khatab 5 ekor sapi, Mesjid Raya Sirathal Mustaqim 12 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Musholla Nurul Yaqin 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Langgar Al-Kautsar Muara Teweh 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Masjid Baitul Ghafur Jalan Ronggolawe 13 ekor sapi dan 7 ekor kambing, Masjid Baitul Atiq Jalan Wira Praja 12 ekor sapi dan 2 ekor kambing, dan Langgar Baitunnur 2 sapi dan 2 ekor kambing.(Diskominfosandi2019)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda