img
Jaring Aspirasi, Pemerintah Kabupaten Barito Utara Gelar Konsultasi Publik.
  Selasa, 12-03-2019       23

jaring-aspirasi-pemerintah-kabupaten-barito-utara-gelar-konsultasi-publik

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra membuka Acara Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 di Aula Bapeddalitbang Muara Teweh yang mengusung tema "Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Dasar Untuk Memacu Pertumbuhan dan Penerataan Dalam Rangka Peningkatan Perekonomian Daerah".

Dalam sambutan Bupati Barito Utara, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra menyampaikan sesuai amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, bahwa pendekatan yang digunakan dalam perencanaan pembangunan adalah politik, teknokratik, partisipatif, top-down, bottom-up.

Konsultasi publik ini dimaksud untuk melakukan pembahasan dan penjaringan aspirasi untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2020. Rancangan awal RKPD untuk memberikan paduan kepada seluruh perangkat daerah di Kabupaten Barito Utara dalam menyusun rancangan renja perangkat daerah dan berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu 1 tahun yang disusun menggunakan pendekatan teknokratis dan partisipatif.

Rancangan awal Renja perangkat daerah akan dilakukan pembahasan dan sinkronisasi program kegiaran prioritas pada forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah, melalui pembahasan, sinkronisasi dan sinergi antara prioritas pembangunan pada rancangan renja perangkat daerah Kabupaten Barito Utara dengan hasil Musrenbang Kecamatan dan hasil konsultasi publik.

Mengacu pada arah kebijakan pembangunan dalam RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023, tema atau agenda pembangunan Kabupaten Barito Utara untuk tahun 2020 adalah "Peningkatan pembangunan infrastruktur dasar untuk memacu pertumbuhan dan pemerataan dalam rangka peningkatan ekonomi daerah".

Sasaran dan target pembangunan Kabupaten Barito Utara tahun 2020 sebagaimana tertuang dalam RAPERDA RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023 antara lain pertumbuhan ekonomi sebesar 6,63%, persentase penduduk miskin sebesar 5,06%, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 71,86. "Untuk mencapai target dari indikator-indikator tersebut diperlukan upaya dan kerja keras kita semua, dan tentu saja hal ini memerlukan dukungan dari semua pihak sehingga terjadi sinergitas, sinkronisasi dan keharmonisan dalam hal perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun pengendalian," jelas Sugianto.

Melalui konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2020 ini, diharapkan seluruh aspirasi dapat ditampung sebagai pertimbangan usulan program/kegiatan prioritas dan strategi pembangunan Kabupaten Barito Utara. "Nantinya, semua dapat di integrasikan untuk mencapai keterpaduan/ keserasian antar wilayah, antar sektor dan antar pelaku pembangunan," tutup Sugianto mengakhiri sambutan Bupati.

Dalam laporan kepala BAPEDDA LITBANG, Drs. Muhlis, menyampaikan bahwa acara konsultasi publik RKPD yang terlaksana bertujuan untuk menjaring aspirasi dari seluruh kepala perangkat daerah dan seluruh tamu yang hadir dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020. Adapun arah tujuan dari acara yang terselenggara ini adalah untuk mencapai tujuan visi dari RKPD Barito Utara yaitu "Terwujudnya Masyarakat Barito Utara yang Religius Mandiri dan Sejahtera, melalui percepatan Peningkatan Pembangunan dibidang Sumber Daya Manusia, Insfrastruktur dan ekonomi kerakyatan".

Acara konsultasi publik dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD, Sekretaris Daerah, Ir. H. Jainal Abidin, MAP, unsur FKPD, unsur kepala perangkat daerah, Kepala BPS Barito Utara, mahasiswa dan tamu undangan lainnya. (Diskominfosandi2019).

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda