img
Kabupaten Barito Utara siap mengikuti Festival Isen Mulang di Kapuas
  Selasa, 01-05-2018       70

kabupaten-barito-utara-siap-mengikuti-festival-isen-mulang-di-kapuas

Muara Teweh, 01 Mei 2018 - Kontingen Kabupaten Barito Utara dilepas secara resmi oleh Pjs. Bupati Barito Utara, H. Sapto Nugroho H.W di halaman Kantor Bupati untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kalimantan Tengah di Kapuas, Senin 30 April 2018.

 

Pjs. Bupati mengatakan bahwa kegiatan budaya ini dilaksanakan sebagai sarana untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan seni budaya tradisional Barito Utara kepada masyarakat luas tidak hanya di Tingkat Kalimantan Tengah juga Tingkat Nasional hingga ke mancanegara. Setiap unsur seni budaya maupun permainan hendaknya dipersiapkan dengan baik dan dikemas seindah mungkin agar kekayaan seni budaya tradisional khususnya seni tradisional Barito Utara akan dikenal masyarakat secara luas.


Kegiatan ini selain untuk meraih prestasi juga sebagai bukti kesungguhan dan komitmen kita dalam mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya tradisional masyarakat Kalimantan Tengah yang semakin terkikis oleh dampak kemajuan teknologi dan globalisasi. Pjs. Bupati mengharapkan agar nilai historis dan estetika nilai-nilai luhur budaya tradisional mampu menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang dan berkunjung Ke Kabupaten Barito Utara.

 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga, H. Arbaidi mengatakan Kontingen Kabupaten Barito Utara pada FBIM kali ini berjumlah 174 yang terdiri dari 138 atlet, penari dan pemusik serta 36 offisial dengan mengikuti 17 cabang perlombaan antara lain karnaval budaya, besei kambe, sepak sawut, balogo, putra-putri pariwisata, menyipet, dayung tradisional, tari daerah, meneweng menetek, lagu daerah, bagasing, mengenta, lawang sekepeng, panginan tradisional dan malamang.

 

Pada FBIM Kalimantan Tengah Tahun 2017 yang diselenggarakan di Sampit, Kabupaten Barito Utara meraih predikat juara keempat dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah, diharapkan untuk keikutsertaan tahun ini, Kabupaten Barito Utara mampu mempertahkan bahkan bisa meningkatkan prestasinya lagi. (Diskominfosandi2018)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda