img
Kadis Kominfosantik Provinsi Silaturahmi Kepada Diskominfosandi Barut
  Selasa, 30-04-2019       79

kadis-kominfosantik-provinsi-beri-masukan-pada-diskominfo-barut

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah, setelah menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional, Senin malam (29/4), bersama dengan Kepala Dinas Kominfo Kota Palangka Raya dan Plt. kadis Kominfo Kabupaten Seruyan bersilahturahmi dengan Pejabat dan pegawai Diskominfosandi Kabupaten Barito Utara di Rumah Makan Asyifa. Dalam arahannya pada bincang santai, Kadis Kominfosantik, Herson B Aden menyampaikan bahwa latar belakang rata-rata kepala dinas komunikasi informatika se-Kalimantan Tengah tidak berlatar belakang bidang teknologi informatika. "Saya sendiri tidak berlatar belakang TIK, tapi hobby dalam bidang TIK," jelas Herson.

Tugas dari Dinas Kominfo yaitu dalam bidang informasi komunikasi publik, e-gov, teknologi informatika, statistik, dan persandian. Khusus bidang persandian, Herson B Aden menjelaskan bahwa persandian tidak hanya berbicara tentang surat menyurat, telex dan fax tetapi saat ini sudah berbicara tentang teknologi. Diharapkan kedepannya, persandian dapat diperkuat dengan SDM yang kompeten dalam bidang teknologi informatika. Sehingga nantinya, dapat memperkuat dalam pengamanan antara lain keamanan jaringan, iformasi, data center, dan teknologi informatika.

Di Diskominfosantik Provinsi Kalteng, saat ini bidang informasi komunikasi publik yang menjadi prioritas disamping bidang lainnya. Media center provinsi telah menghimpun berita dari seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah, dimana paling banyak mengirimkan berita dari Diskominfo Kota Palangka Raya.
PPID kabupaten/kota saat ini tidak begitu berjalan dengan lancar, direncanakan Diskominfosantik Provinsi akan melakukan penilaian. Terutama terkait dengan penginputan Daftar Informasi Publik (DIP) pada masing-masing PPID kabupaten/kota. Mana informasi yang serta merta harus dipublikasikan dan mana informasi yang dikecualikan. "Tiap OPD harus menginput DIP, bukan Diskominfo yang mengisinya" jelas Herson.

Terkait statistik, Diskominfo diharapkan dapat berkoordinasi dengan BPS kabupaten/kota masing-masing dan OPD terkait daftar sektoral. "Yang punya data sektoral adalah OPD yang menanganinya, BPS hanya untuk data statistik dasar," ungkap Kadis Kominfosantik Provinsi.
Untuk kerjasama media, Kadis Kominfosantik memberikan masukan terkait berita dan kontrak dengan media massa. "Agar dalam pemberitaan dan pembiayaan bisa menjadi efektif," tutup Herson B Aden.

Kadis kominfosandi barut dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas arahan dan bimbingannya yang sudah secara detail disampaikan akan tugas yang harus dijalankan dalam rangka membangun dan memaksimalkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guna menjadikan penguatan bagi sebuah organisasi kerja teknis khususnya dinas komunikasi, informatika dan persandian kabupaten barito utara agar maju dan berkembang dengan pemanfaatan sumber daya aparatur yang selalu diasah, dididik, dilatih sehingga menghasilkan dan menjadikan aparat kerja yang memiliki kompetensi dalam bidang teknologi dan informatika.(Diskominfosandi2019)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda