img
Kecamatan Lahei Bentuk KIM
  Kamis, 19-03-2020       8

kecamatan-lahei-bentuk-kim

Muara Teweh, 19 Maret 2020 - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan reaktualisasi dari Kelompencapir maupun dari hasil pembentukan kelompok baru sebagai alternatif pemberdayaan masyarakat di bidang informasi yang berbasis dari inisiatif masyarakat. Keberadaan KIM dipandang sangat penting guna memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat selain juga menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi serta penyerapan aspirasi. Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian melakukan rapat kerja terkait pembentukan KIM dengan perangkat desa yang berada di Kecamatan Lahei.

Rapat dipimpin Camat Lahei, Rusihan, S.Pd bersama Unsur Tripika Lahei dan pejabat Diskominfosandi dihadiri perangkat Kecamatan, Lurah, perwakilan Kades se-Kecamatan Lahei. Kadis Kominfosandi melalui kabid Infokom Publik, Parlinton Sibarani, SE menyambut baik respon Camat dan perangkat Kecamatan Lahei untuk mensosialisasikan pembentukan KIM yang mencerminkan jalinan sinergitas antara kecamatan, kelurahan dan desa desa dalam mengembangkan pembangunan sumber daya manusia di bidang informasi. "Sehingga percepatan pembangunan dibidang informasi dapat terealisasi dengan cepat dan tepat," jelas Parinton. Selanjutnya, Kabid Infokom Publik menjelaskan bahwa KIM adalah kelompok masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya. "Melalui KIM ini nantinya diharapkan dapat terwujud pembangunan dalam bidang informasi secara merata diseluruh kecamatan dan desa-desa yang berada di wilayah Kabupaten Barito Utara," harap Parinton.

KIM merupakan revitalisasi dan reaktualisasi dari kelompencapir yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintah dewasa ini, dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan good governance. "KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat selain itu menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan serta penyerapan aspirasi," tutup Parinton. (Diskominfosandi2020)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda