img
Pemkab Barut Ikuti Zikir Dan Doa Kebangsaan 76 Tahun
  Minggu, 01-08-2021       44

pemkab-barut-ikuti-zikir-dan-doa-kebangsaan-76-tahun

Muara Teweh, 01 Agustus 2021 - Sejak 2017 Pemerintah telah menginisiasi Bulan Kemerdekaan, yang meliputi acara pokok kenegaraan, berbagai acara festival, serta kegiatan bernuansa khidmat seperti Zikir dan Doa Kebangsaan yang merupakan tradisi pembuka Bulan Kemerdekaan. Mengingat situasi Pandemi Covid-19, pada HUT ke-76 RI yang mengusung tema "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," Zikir dan Doa Kebangsaan tetap diselenggarakan melalui virtual.

Zikir dan Doa Kebangsaan yang mengambil tema Bersyukur atas Kemerdekaan, Berdoa dan Berikhtiar untuk Mewujudkan Indonesia Maju dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden, para pimpinan Lembaga Negara, Menteri, Tokoh-Tokoh Lintas Agama, para Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia, dan undangan lainnya secara virtual. Untuk Kabupaten Barito Utara, dihadiri oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah, Sekretaris Daerah, Unsur FKPD, dan Kepala Kantor Kemenag Barut di Aula Rumah Jabatan Bupati.

Wapres, KH. Ma'ruf Amin dalam tausiyahnya mengatakan bahwa kemerdekaan RI diperoleh atas Rahmat dan anugerah dari Allah SWT. "Kita terus berdoa kepada Allah, semoga semangat perjuangan terus ada terlebih saat ini kita menghadapi Pandemi Covid-19," kata KH. Ma'ruf Amin. Wapres juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk Cinta Tanah Air, tidak memandang siapa pemimpinnya. "Cinta tanah air adalah sebagian dari iman," jelas KH. Ma'Ruf Amin. Selesai tausyiah dari Wapres ,acara dilanjutkan dengan Zikir bersama yang dipimpin oleh KH. Said Agil Husin Al Munawar.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan-Nya. "Kemerdekaan juga merupakan nikmat yang diberikan Allah SWT," jelas Jokowi. Presiden berharap agar semangat kebersamaan dan gotong royong selalu melekat, terlebih saat bangsa Indonesia menghadapi ujian yang sangat berat yakni Pandemi Covid-19. "Bersama-sama kita menghadapinya dan memohon kepada-Nya agar Pandemi segera berakhir," jelas Jokowi. Doa adalah senjata orang muslim untuk membangkitkan semangat. Mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemuka agama yang telah mengajak para umatnya dalam menangani Pandemi Covid-19. Acara berakhir dengan iringan doa yang dipimpin oleh Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah berharap dengan zikir dan doa bersama yang dipanjatkan, semoga Pandemi Covid-19 khususnya di Kabupaten Barito Utara dapat segera berakhir. "Terlebih saat ini adanya tren kenaikan jumlah kasus terkonfirmasi, saya tekankan lagi agar masyarakat selalu menerapkan prokes," harap H. Nadalsyah. Salah satu upaya yang sangat efektif adalah dengan menerapkan prokes, selain upaya lainnya.(Diskominfosandi2021)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda