img
Penilaian Hasil SAKIP Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah II di Serahkan
  Rabu, 06-02-2019       30

penilaian-hasil-sakip-provinsikabupatenkota-wilayah-ii-di-serahkan

Dalam rangka menilai tingkat Akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI menyerahkan hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah didampingi Sekretaris Daerah, Ir. H. Jainal Abidin, M.AP, Kepala Bappedalitbang, Inspektur, dan Kepala Bagian Organisasi Setda menghadiri Acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah II (Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung) Tahun 2018 di Neptunus Ballroom Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin, Rabu (06/02).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Menteri PAN dan RB ini dihadiri Gubernur/Wakil Gubernur se-Kalimantan, Sekretaris Jendral Kemendagri, Kapolda Kalimantan Selatan, Para Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah, Inspektur, Kepala Bappeda, serta Kepala Bagian Organisasi dari Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung serta Tim Asistensi dari berbagai Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri, Drs. Hadi Prabowo, MM menyoroti persoalan Pemda yang masih menanggung pembayaran BPJS, alokasi anggaran dari pajak yang belum dikembalikan untuk pembangunan infrastruktur, dan persoalan lainnya. "Dengan SAKIP, pemerintah daerah dapat mengalokasikan anggaran dengan tepat sasaran. Kerjasama antar daerah dalam program unggulan daerah untuk dapat dilaksanakan," harap Hadi Prabowo.
Lebih lanjut, dengan Program SAKIP pendampingan, pengamanan, dan evaluasi kinerja pemerintah daerah dapat dilaksanakan dan dinilai.

Dalam sambutannya, Menpan-RB, Drs. Syafruddin, M.Si menyatakan bahwa hasil evaluasi SAKIP dari tahun ke tahun semakin baik. "Melalui SAKIP, paradigma kinerja Pemerintah dipompa. Bukan lagi sekedar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan tetapi melaksanakan dengan cara yang efektif dan efisien berbasis pada sasaran serta anggaran diberikan untuk kegiatan-kegiatan pada program prioritas. Selama ini, anggaran dipakai tidak tetap sasaran, SAKIP menjadi berlian dan permata untuk sistem pemerintah daerah dalam melaksanakan program dan kegiatan prioritas," jelas Syafruddin.

H. Nadalsyah menghimbau kepada seluruh Perangkat Daerah agar dapat memaksimalkan lagi kinerja yang selama ini telah terlaksana dengan baik. Diharapkan dengan adanya peningkatan dalam pelaksanaan kinerja yang mengacu kepada uraian tugas dari tugas pokok dan fungsi seluruh perangkat daerah akan menjadikan Pemerintah Kabupaten Barito Utara optimal dalam memberikan pelayanan kepada publik sesuai standar pelayanan dan aturan serta ketentuan yang berlaku.
"Agar nantinya, seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara dalam bekerja dengan berbasis kinerja yang lebih baik lagi pada tahun-tahun selanjutnya," tegas Bupati.

Acara ditutup dengan penyerahan hasil evaluasi Akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota wilayah II oleh Menpan-RB. (diskominfosandi2019)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda