img
Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Barito Utara Tahun 2018.
  Kamis, 05-04-2018       222

penilaian-lomba-desa-dan-kelurahan-tingkat-kabupaten-barito-utara-tahun-2018

Kabupaten Barito Utara mulai melakukan penilaian dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Barito Utara Tahun 2018 dimana Tim Penilaian Acara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Barito Utara Tahun 2018 memulai penilaian di Desa Pepas Kecamatan Montallat.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa, Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa, Eveready Noor, SE, menyampaikan untuk penilaian perlombaan Desa dan Kelurahan dilaksanakan dalam ketentuan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan berdasarkan surat Gubernur Kalimantan Tengah Nomor :414.4/08/DPMDes/2018 tanggal 08 Januari 2018 perihal Penyelenggraan Perlombaan Desa dan Kelurahan Tahun 2018, dengan tujuan pokok untuk meningkatkan semangat dan tekad serta tanggung jawab masyarakat dalam melaksanakan dan memelihara hasil pembangunan desa dan kelurahan serta sebagai sarana evaluasi pembangunan disegala bidang selama satu tahun anggaran, serta agenda rutin di daerah. Lomba Desa dan kelurahan adalah salah satu bentuk kompetisi/persaingan pembangunan yang di lakukan secara partisipasif dan obyektif oleh masyarakat desa dan kelurahan. Plt. Kadis Dinsospmd mengutarakan bahwa kegiatan Penilaian Lomba Desa di ikuti oleh 8 kecamatan, Teweh Tengah, Teweh Baru, Teweh Selatan, Lahei, Lahei Barat, Gunung Timang, Gunung Purei, dan Montallat, minus Kecamatan Teweh Timur tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Adapun item-item Penilaian Lomba Desa Tahun 2018 antara lain:
1. Administrasi Desa & BPD
2. Struktur dan Papan Data Pemdes/BPD
3. Struktur dan Administrasi PKK
4. Keaktifan Anggota dan Toga PKK
5. Posyandu Balita dan Lansia
6. Posbindu dan Rumah Sehat
7. Pos kamling/pos ronda/pos jaga
8. Usaha Ekonomi Masyarakat
9. Usaha Kreatif Masyarakat
10. Gotong Royong Masyarakat/kebersamaan
11. Kelembagaan BUMDesa
12. Tagana /Siaga Bencana
13. Peran Serta Lembaga-lembaga Desa (LPMD, Lembaga Adat, Karang Taruna, Dll)
14. Sarana dan Peran Serta Pustu/Polindes/Puskesdes
15. Sarana dan Peran Serta TK/PAUD/TKA/TPA/Taman Bermain/Sekolah Minggu, Dll
16. Peran Serta Pemerintah Desa
17. Sarana Sanitasi dan Jamban Desa
18. Kebersihan dan Keasrian Desa
19. Keindahan dan Estetika Desa
20. Pengembangan Seni dan Budaya

Camat Montallat, H. Mastur, SE, MM menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Barito Utara beserta rombongan di Desa Pepas. Pembangunan di Kecamatan Montallat yang terdiri dari 4 kelurahan dan 6 desa selalu di galang peningkatan di segala bidang salah satunya adalah pada hari ini, dimana perwakilan dari Kecamatan Montallat yakni Desa Pepas mengikuti perlombaan desa dan kelurahan. Salah satu tujuan dari keikutsertaan adalah untuk memotivasi dan melakukan pembinaan-pembinaan yang lebih serius, karena dalam Lomba Desa dan Kelurahan didalamnya terdapat penilaian indikator-indikator pembangunan. Peran masyarakat sekitar yang aktif, gotong royong dan kebersamaan, serta bantuan partisipasi dari perusahaan yang ada di wilayah sekitar Kecamatan Montalat sangat membantu warga Desa. Camat Montallat juga berharap perwakilan dari Kecamatan Montallat akan menjadi juara sehingga bisa menjadi motivasi bagi desa-desa dan kelurahan di Kecamatan Montallat pada khususnya.

Kepala Desa Pepas, Suriadi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Montallat yang mana tahun ini telah di percaya mewakili Kecamatan Montallat untuk mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Barito Utara.

Rangkaian Kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2018 di hadiri oleh Rombongan Tim Penilai dari Dinsospmd, Perwakilan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Kesbabgpol, BPBD, Ketua dan Sekretaris Tim Penggerak PKK, Unsur Tripika Kecamatan Montallat, Kepala Desa beserta Staf, Para Tokoh Adat, Agama, Tokoh Masyarakat, TPPKK Kecamatan dan Desa, Ketua BPD beserta anggota, dan undangan yang hadir.(Diskominfosandi2018)

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda