img
Wakil Bupati Buka Musrenbang Kecamatan Lahei Tahun 2019
  Senin, 11-02-2019       104

wakil-bupati-buka-musrenbang-kecamatan-lahei-tahun-2019

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra membuka Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Tingkat Kecamatan Lahei tahun 2019 di Gedung Serba Guna Lambang Batuah Lahei

Dalam sambutan Bupati Barito Utara yang dibacakan Wakil Bupati disampaikan bahwa dalam Musrenbang secara formal membicarakan rencana-rencana prioritas pembangunan yang disesuaikan kemampuan anggaran serta prioritas-prioritas yang dilaksanakan Pemerintah. Hasil-hasil kesepakatan musrenbang akan digunakan untuk menyempurnakan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan sebagai landasan penyusunan RAPBD tahun 2020.

RKPD tahun 2020 disusun berdasarkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Barito Utara tahun 2018 -2023 yaitu "Terwujudnya masyarakat Barito Utara yang Religius, Mandiri, dan sejahtera melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan".

Kabupaten Barito Utara pada tahun 2018 menurut data BPS, pertumbuhan ekonomi semakin membaik dibandingkan tahun 2017. Hal ini didorong oleh membaiknya produksi sejumlah komoditas utama daerah, sehingga diperkirakan perkembangan perekonomian Kabupaten Barito Utara tahun 2019 tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Musrenbang Kecamatan ini, Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara segera membuat rancangan rencana kerja (RENJA) dengan menyerap sebanyak mungkin usulan prioritas yang masuk untuk dibahas dalam forum perangkat daerah dan Musrenbang Kabupaten Barito Utara.

"Diharapkan kepada para kepala perangkat daerah untuk dapat mengakomodir usulan kegiatan prioritas secara lengkap dengan mencantumkan lokasi sasaran kegiatan pembangunan pada desa, kelurahan, dari kecamatan," jelas Sugianto.

Dari Bidang Kesehatan, salah satu wujud revolusi mental dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yakni mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku yang tidak sehat. Salah satunya dengan pemberian vitamin A untuk anak, agar memiliki mata yang sehat serta daya tahan tubuh yang kuat terhadap serangan berbagai penyakit. Pemberian vitamin adalah salah satu investasi untuk putra putri dalam menghasilkan generasi yang berkualitas.

Sugianto Panala Putra dalam Musrenbang memberikan vitamin A kepada anak dan secara simbolis memberikan bantuan kesehatan kepada para tim kesehatan setempat.

Musrenbang di Kecamatan Lahei di tutup langsung oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah yang dalam stressingnya mengatakan bahwa melihat kemampuan anggaran yang terbatas, nantinya tidak semua usulan kegiatan mampu dilaksanakan dengan segera, kiranya perlu dilakukan review kembali prioritas kegiatan yang telah disepakati dengan menetapkan skala prioritas yang mengarah kepada penyelesaian akar permasalahan, berdampak luas, nyata, mendesak untuk segera dilaksanakan, dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

Peran aktif para kepala perangkat daerah untuk mencari peluang sumber pembiayaan di luar APBD kabupaten, yaitu melalui dana APBD provinsi maupun APBN serta sumber sumber pembiayaan lainnya yang sah. Disamping itu juga perlu dilakukan evaluasi internal terhadap kegiatan pada perangkat daerah masing masing, jika kegiatan tersebut tidak terlalu penting dan kurang berpihak pada masyarakat, maka kegiatan tersebut tidak perlu lagi dianggarkan pada tahun 2020.

Kita juga dituntut untuk dapat membaca perubahan dinamika dan paradigma pembangunan yang begitu cepat kita tidak dapat lagi dalam posisi dia menunggu, melainkan harus bisa menjemput bola dan Berpacu dengan waktu serta mampu merebut peluang dan kesempatan yang ada oleh karena itu rumusan dan formulasi perencanaan pembangunan yang mencerminkan sifat perencanaan yang versi partisipasi persi kita juga dituntut untuk dapat membaca perubahan dinamika dan paradigma pembangunan yang begitu cepat kita tidak dapat lagi dalam posisi dia menunggu, melainkan harus bisa menjemput bola dan berpacu dengan waktu serta mampu merebut peluang dan kesempatan yang ada. "Oleh karena itu, rumusan dan formulasi perencanaan pembangunan yang mencerminkan sifat perencanaan yang partisipasif, local planning, bottom-up planning, sustainable dan berwawasan lingkungan serta bersifat anggaran pendekatan berbasis kinerja, yaitu anggaran yang mengutamakan kepada upaya sampai pencapaian hasil kinerja atau output," tutup H. Nadalsyah.

Musrenbang kali ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Set Enus Y Mebas, SE, M.IP, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Melpadona, SKM, Kepala Perangkat Daerah, Camat Lahei, Unsur Tripika, seluruh Kepala Desa, Damang, Kepala Adat, Pimpinan Perusahaan, dan seluruh undangan.(diskominfosandi2019).

Komentar

Belum ada komentar



Tulis Komentar Anda